About

Fokus dari empatcopy ini adalah mencoba mengangkat persoalan ekonomi, budaya, dan sosial. Ketiga hal ini dipilih bukannya tanpa alasan mendasar, ekonomi mempunyai sejarah panjang dengan dampak cukup besar bagi kehidupan masyarakat atau dalam skala luasnya pada suatu negara.

 

Budaya, manusia sebagai makhluk individu dan makhluk sosial dimana terjadi interaksi antar manusia dengan manusia, manusia dengan masyrakat, manusia dengan apapun yang mana terjadi pertukaran (penyampain informasi) baik verbal non verbal, dari interaksis sosial memunculkan kebiasan dalam kehidupan masyarakat suatu wilayah yang kemudian dirawat untuk menapaki waktu hingga ia bernama budaya. Sosial adalah hal yang memiliki hubungan dengan manusia, jadi ekonomi, budaya, agama, politik, cinta, alam dan apapun yang berhubungan dengan manusia adalah social (begitu yang saya ingat dan pahami dari materi ‘Analisis Sosial’ yang disampaikan oleh Sang Pemateri pada Petalihan Jurnalistik Tingkat Dasar yang diselenggarakan oleh Lembaga Pers Mahasiswa Ekonomi ECPOSE – 28 – 30 Oktober 2011).

 

Point penting dalam empatcopy adalah blog bukan media untuk mewadahi laku ‘NARSIS’, blog merupakan media untuk membantu memori manusia tersimpan dan tersampaikan kepada mereka yang mau membaca. Jangan berpikir siapa yang mau membaca ?, yang jelas adalah diri sendiri sebagai pembaca setianya. Mungkin dapat juga di maknai sebagai media nostalgia masa-masa Taman Kanak-kanak atau Sekolah Dasar dimana baru mengenal huruf-huruf, kata-kata, kalimat-kalimat, paragraph-paragraf dan angka-angka.

 

Jika mengaku berAgama Islam istilah ‘IQRO’ tak asing di telinga,  karena itu perintah Pertama Tuhan kepada Nabi dan Rasul terahir. Dalam surat Al Qolam, menulis merupakan salah satu anjuran dalam surat tersebut. Baca dan tulis adalah WAJIB!. []

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.